Direktorat Jenderal Pajak

Sosialisasi Tax Amensty Di Kalangan Selebritis

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak setelah berkeliling ke seluruh kota di Indonesia untuk menyosialisasikan program kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty, kali ini menyasar para selebritis untuk juga mengikuti program tax amnesty.

Direktorat Jenderal Pajak

Sosialisasi tax amensty di kalangan artis Indonesia dilakukan pada hari ini di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Kegiatan sosialisasi ini juga diikuti oleh Ikatan Manajer Artis Indonesia (IMARINDO).

Tax Amnesty

Sejumlah selebritis Indonesia yang berasal dari berbagai profesi mulai dari aktor, musisi, pembawa acara, pesulap hingga pelawak hadir di acara sosialisasi program pengampunan pajak tersebut. Diantaranya, Tika Ramlan, Wali Band, Demian, Project Pop, Soraya Larasati, Budi Doremi, John Martin, Bayu Oktara, Beniqno, Moammar Emka, Masayu Anastasia.

Selain itu, turut hadir juga Vicky Shu, Sarah Azhari, Denny Cagur, Ricky Cuaca, Ben Kasyafani, Indra Bekti, Cut Meymey, Posan Tobing, Pakde Tarzan, dan nampak Anang Hermansyah yang kini menjadi anggota anggota komisi X DPR RI.

Seperti kita ketahui semua, bahwa pemerintah saat ini sedang berusaha keras untuk melakukan jumlah peserta tax amnesty, terutama kepada para wajib pajak orang pribadi (WPOP). Berdasarakan catatan dari Kementerian Keuangan, pengampunan pajak ini sudah dimanfaatkan oleh EPOP sebanyak 75,3 persen, yang dimana angka tersebut diisi oleh UMKM sebesar 40,5 persen. Selain itu, sebanyak 24,7 persen oleh WP Badan, dan diantaranya diisi oleh UMKM sebesar 44 persen.

Sementara itu, WPOP yang telah membayar uang tebusan mencapai angka 83,5 persen, yang dimana non-UMKM menyumbang sebesar 92,3 persen. Adapun WP Badan sebesar 16,5 persen, dimana sebesar 97,2 persen berasal dari non-UMKM.

Lantas, bagaimana tanggapan para selebritis yang datang ke acara sosialisasi tax amnesty yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen), berikut beberapa tanggapan para artis Indonesia. Di mulai dari Ben Kasyafani yang mengungkapkan bahwa dirinya tertarik untuk mengikuti program tersebut. Meskipun nantinya setiap tahun akan membayar pajak, namun dirinya merasa bahwa terdapat kekurangan yang harus ditutupi melalui kebijakan pengampunan pajak ini.

Yovie Widianto

Selain Ben Kasyafani, musisi ternama Indonesia yakni Yovie Widianto juga mengatakan bahwa pemerintah sudah seharusnya secara mutlak mendata para artis tanah air untuk memetakan pendapatannya setiap bulannya. Sebab menurutnya, tak semua selebritis Indonesia merupakan orang kaya yang selama ini kerap kali dikejar oleh Direktorat Jenderal Pajak. Namun, Yovie merasa optimistis bahwa kebijakan tax amnesty ini akan dapat diikuti oleh seluruh kalangan selebritis. Dengan syarat pemerintah harus memberikan pemahaman secara menyuluruh kepada para artis, agar tak salah paham nantinya.

anang hermansyah

Anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah turut memberikan sambutan acara sosialisasi tax amnesty tersebut. Dalam sambutannya, suami dari Ashanty ini mengatakan bahwa selama ini banyak para artis yang selama ini menemui kesulitan dalam hal pelaporan pajak. Hambatan utamanya adalah akses informasi. Dan ia menambahkan bahwa nanti jika sudah mengikuti tax amnesty, jangan sekali-kali mengulang kesalahan dengan tidak membayar pajak. Lantaran denda yang dikenakan terbilang tinggi.

Leave a Reply