Kredit Tanpa Angunan

KTA Kamu Ditolak? Mungkin Karena 3 Penyebab Berikut Ini!

Terdapat banyak alasan yang dapat menjadi dasar kenapa seseorang dalam mengajukan pinjaman uang ke sebuah lembaga keuangan seperti bank ditolak. Padahal kita sangat membutuhkan dana tersebut, baik untuk biaya pendidikan, renovasi rumah, modal usaha, hingga biaya pengobatan, dan lain sebagainya.

Kredit Tanpa Angunan

Nah, salah satu langkah atau cara yang dapat ditempuh guna mendapatkan dana dari bank yakni melalui Kredit Tanpa Angunan (KTA). Langkah tersebut merupakan fasilitas pinjaman yang terbilang cukup mudah dalam proses pengajuannya, lantaran debitur tak perlu menjaminkan aset apapun kepada kreditur. Dalam hal ini, bank berperan sebagai pemberi pinjaman dan mengambil keputusan yang berdasarkan riwayat kredit si pemohon tersebut.

Persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan KTA dapat dikatakan sangat mudah. Selain mudah dalam pengajuan, suku bunga juga tetap selama masa kontrak kredit. Kedua hal tersebutlah yang membuat KTA menjadi cukup diminati oleh banyak pihak.

Namun terkadang, walaupun mudah dan suku bunga tetap, tak sedikit para nasabah yang pengajuan untuk KTA ditolak, dan bahkan tanpa pemberitahuan yang jelas dari pihak bank. Maka dari itu untuk kamu yang ingin mengajukan KTA dan tentunya diterima oleh pihak bank, ada baiknya kamu mengetahui tiga alasan yang terbilang umum, yang biasanya menjadi penyebab bank menolak pengajuan KTA seseorang. Berikut penjelasannya.

Syarat Tidak Sesuai Dengan Ketentuan Calon Peminjam

Syarat

Penyebab pertama yang juga merupakan alasan umum dalam penolakan KTA oleh bank adalah berbagai syarat yang tidak dipenuhi oleh calon peminjam. Sehingga sangatlah penting untuk membaca terlebih dahulu segala persyaratan yang dimiliki oleh bank secara seksama dan teliti. Misalnya persyaratannya yakni mengenai usia maksimal dan minimal bagi para calon peminjam, atau mengenai penghasilan tetap minimum, dan lain sebagainya. Memanglah banyak sekali persyaratan yang harus diajukan, namun tak ada salahnya untuk kamu meluangkan waktu guna mencermati persyaratan. Dengan begitu, permohonan KTA kamu akan diterima oleh pihak bank.

Tunggakan Kredit

Tunggakan Kredit

Sebelum kamu berniat untuk mengajukan peminjaman uang ke pihak lain, sebaiknya kamu memastikan utang yang kamu miliki, apakah sudah terbayarkan semua atau belum. Tentu hal ini agar catatan kredit kamu di mata bank terlihat bank. Pada umumnya, pihak bank tidak mau atau ragu untuk memberikan pinjaman ke pihak pemohon yang masih memiliki tunggakan, dan proses pembayarannya pun juga tidak tepat atau tidak lancar.

Dokumen Tidak Jelas

Dokumen

Walau kamu sudah melengkapi segala persyaratan baik itu berupa dokumen maupun berkas lainnya, namun tetap saja ditolak oleh pihak bank. Kemungkinan besar dokumen kamu tersebut tidak jelas terbaca atau terlihat. Sehingga usaha kamu akhirnya terbilang sia-sia. Sehingga untuk itu, pastikan kamu telah mengecek kejelasan dokumen yang diajukan ke pihak bank terlebih dahulu.

Leave a Reply